28 Februari 2024
cara membuat keju sendiri

Keju adalah makanan yang sangat disukai di seluruh dunia. Namun, tahukah Anda bahwa Anda dapat membuat keju sendiri di rumah dengan relatif mudah? Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat keju sendiri dengan bahan-bahan sederhana dan panduan langkah demi langkah yang dilansir dari website Teras Dunia.

1. Pilih Bahan Utama

Langkah pertama dalam membuat keju adalah memilih bahan utama, yaitu susu. Anda dapat menggunakan susu sapi, susu kambing, atau susu almond, tergantung pada preferensi Anda. Pastikan susu yang Anda pilih segar dan bebas dari bahan tambahan.

2. Panaskan Susu

Panaskan susu dalam panci besar dengan api sedang. Gunakan termometer untuk memantau suhu. Anda ingin mencapai suhu sekitar 85-90 derajat Fahrenheit (29-32 derajat Celsius).

3. Tambahkan Zat Penjernih

Saat susu mencapai suhu yang tepat, tambahkan zat penjernih seperti cuka atau jus lemon. Ini akan membantu memisahkan protein dari cairan, membentuk gumpalan keju.

4. Biarkan Gumpalan Terbentuk

Biarkan gumpalan keju terbentuk selama sekitar 10-15 menit. Anda akan melihat susu mulai memisahkan menjadi gumpalan putih dan cairan bening. Ini adalah proses pembentukan keju yang sedang berlangsung.

5. Potong Gumpalan

Potong gumpalan keju menjadi potongan-potongan kecil dengan pisau. Ukuran potongan tergantung pada jenis keju yang ingin Anda buat. Potongan yang lebih kecil akan menghasilkan keju yang lebih keras.

6. Panaskan Kembali Gumpalan

Panaskan kembali gumpalan keju dalam panci dengan suhu rendah, di sekitar 105-110 derajat Fahrenheit (40-43 derajat Celsius). Biarkan gumpalan keju memanas selama sekitar 30 menit sambil sesekali diaduk.

7. Saring Cairan

Saring cairan bening dari gumpalan keju dengan menggunakan kain saring atau saringan keju. Cairan ini disebut whey dan dapat digunakan untuk berbagai tujuan lain, seperti memasak atau membuat roti.

8. Tambahkan Garam dan Bumbu

Tambahkan garam dan bumbu sesuai dengan selera Anda. Anda dapat menambahkan garam, rempah-rempah, atau bahan tambahan lainnya untuk memberikan rasa pada keju. Campurkan dengan baik.

9. Bentuk dan Simpan

Bentuk keju sesuai dengan preferensi Anda. Anda dapat membuatnya menjadi bola kecil, blok, atau bentuk lainnya. Setelah itu, simpan keju dalam lemari es selama beberapa jam untuk membiarkannya mengeras dan meresap rasa.

10. Nikmati Keju Buatan Sendiri

Sekarang keju Anda siap untuk dinikmati! Potong dan sajikan keju buatan sendiri ini dengan roti, buah, atau makanan lainnya sesuai selera Anda. Anda akan terkesan dengan rasa dan tekstur keju yang Anda buat dengan tangan sendiri.

Kesimpulan

Dilansir dari website Kepo Wisata, membuat keju sendiri di rumah adalah pengalaman yang memuaskan dan lezat. Dengan beberapa bahan dasar dan langkah-langkah sederhana, Anda dapat menciptakan keju yang sesuai dengan selera Anda. Cobalah berbagai jenis susu dan bumbu untuk menciptakan keju yang unik dan lezat. Selamat mencoba dan nikmati keju buatan sendiri!

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya! Terima kasih telah membaca.

Related video of “Inilah Cara Membuat Keju Sendiri yang Lezat dan Mudah”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *