28 Februari 2024
berbagai jenis lantai parket

Lantai parket adalah salah satu jenis lantai yang sering digunakan dalam desain interior rumah. Terbuat dari potongan-potongan kayu asli yang dirangkai dengan indah, lantai parket menambahkan nilai estetika dan kehangatan alami ke dalam ruangan. Dalam artikel ini, kami akan membahas berbagai jenis lantai parket yang tersedia, sehingga Anda dapat memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan selera desain interior Anda.

Parket Solid

Parket solid merupakan jenis lantai parket yang terbuat dari satu jenis kayu solid tanpa campuran bahan lain. Jenis parket ini memiliki daya tahan yang tinggi dan terkenal karena keindahan dan tekstur kayu yang alami. Parket solid lebih tahan lama dan bisa diampelas beberapa kali untuk mengembalikan tampilannya seperti baru. Kelebihan lainnya adalah kemampuannya untuk menahan perubahan suhu dan kelembaban dalam ruangan.

Parket Engineered

Parket engineered merupakan jenis lantai parket yang terdiri dari lapisan kayu yang ditempelkan pada bahan inti. Inti ini biasanya terbuat dari multipleks atau HDF (High-Density Fiberboard). Lapisan kayu di bagian atasnya adalah kayu asli yang bisa dipilih sesuai dengan selera Anda. Parket engineered lebih stabil dan tahan terhadap perubahan suhu dan kelembaban daripada parket solid. Jenis parket ini sangat cocok untuk digunakan di wilayah dengan iklim yang berfluktuasi.

Parket Laminasi

Parket laminasi, juga dikenal sebagai laminate flooring, bukan merupakan lantai parket yang terbuat dari kayu asli, tetapi lapisan atasnya berupa laminasi kayu palsu yang dicetak dengan teknologi fotografi. Namun, laminasi tersebut menampilkan pola kayu yang mirip dengan aslinya, sehingga memberikan tampilan yang estetis dan alami. Parket laminasi lebih ekonomis daripada parket solid atau engineered, namun tetap memberikan kesan kayu yang indah dalam desain interior.

Parket Prefinished dan Unfinished

Parket juga dapat dibedakan berdasarkan tingkat penyelesaiannya, yaitu prefinished dan unfinished. Prefinished artinya lantai parket telah selesai diolah dan dilapis dengan pelapisan pelindung sebelum dipasang di ruangan. Hal ini membuat pemasangan lebih cepat dan mudah. Sementara itu, unfinished adalah lantai parket yang belum selesai diolah sepenuhnya. Lapisan pelindung akan diaplikasikan setelah lantai terpasang, sehingga memberikan kebebasan bagi Anda untuk menyesuaikan warna dan penyelesaiannya sesuai dengan selera.

Parket Solid vs Engineered: Mana yang Lebih Baik?

Perbandingan antara parket solid dan engineered seringkali menjadi pertimbangan bagi banyak orang dalam memilih lantai parket. Parket solid menawarkan keindahan dan ketahanan yang lebih lama, namun harga dan pemasangannya biasanya lebih mahal. Sementara itu, parket engineered menawarkan stabilitas yang lebih baik dan lebih ramah lingkungan karena menggunakan lebih sedikit kayu asli. Jadi, pilihan antara keduanya tergantung pada kebutuhan, anggaran, dan preferensi desain Anda.

Parket dengan Finishing dan Pola yang Beragam

Selain berbeda dalam jenis kayu dan penyelesaiannya, lantai parket juga dapat memiliki beragam finishing dan pola. Finishing dapat berupa matte, semi-gloss, atau gloss, sesuai dengan tingkat kilap yang Anda inginkan. Pola parket juga bervariasi, seperti pola strip, pola chevron, pola herringbone, dan banyak lagi. Pilihan finishing dan pola ini dapat memberikan tampilan unik dan menarik bagi ruangan Anda.

Jenis-jenis lantai parket menawarkan beragam pilihan untuk memperindah desain interior rumah Anda. Parket solid, engineered, dan laminasi memberikan variasi sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Selain itu, pilihan finishing dan pola parket juga memberikan sentuhan estetika yang unik dan menarik bagi ruangan Anda. Jadi, sebelum memilih lantai parket, pertimbangkanlah jenis, penyelesaiannya, serta pola dan finishing yang sesuai dengan selera dan kebutuhan desain interior Anda.

Untuk Anda yang sedang mencari lantai parket yang tepat untuk rumah Anda, Anda bisa mendapatkannya melalui website atau aplikasi Ukur. Di aplikasi Ukur, Anda bisa mencari berbagai toko yang menjual lantai parket dengan harga yang sesuai dengan budget Anda dengan kualitas terbaik. Segera kunjungi aplikasi Ukur dan dapatkan lantai parket untuk rumah Anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *