27 Februari 2024
Tali ID Card Printing

Apakah Anda pernah memperhatikan tali yang tergantung di leher orang-orang saat mereka memakai ID card di acara-acara tertentu? Bagi sebagian orang, mungkin tali ID card hanyalah sebuah aksesoris sederhana yang wajib digunakan untuk menggantungkan kartu identifikasi mereka. Namun, tahukan Anda bahwa ada ragam jenis, ukuran, bahan, metode pembuatan, dan harga pasaran yang berbeda untuk tali ID card?

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi semua hal terkait tali ID card tersebut. Mulai dari jenis-jenisnya, ukuran yang tersedia, bahan yang digunakan, metode pembuatannya, hingga harga pasaran di Indonesia. Jadi, mari kita lihat lebih lanjut!

 

I. Jenis Tali ID Card

tali id card

Terdapat beberapa jenis tali ID card yang populer digunakan. Beberapa di antaranya adalah:

A. Tali ID Card Satin

Tali ini terbuat dari bahan satin yang lebih lembut dan memiliki karakteristik yang elegan. Meski lebih mahal dibanding jenis tali lainnya, tali ID card satin memberikan kesan yang lebih mewah dan berkelas.

B. Tali ID Card Poliester

Tali ID card poliester terbuat dari bahan poliester yang lebih tahan lama dan kuat. Bahan ini juga lebih mudah dicuci dan dirawat. Tali ID card poliester umumnya lebih terjangkau dibandingkan dengan tali satin.

C. Tali ID Card Nylon

Tali ID card nylon terbuat dari bahan nylon yang tahan lama dan kuat. Pada Tali ini cocok untuk penggunaan dalam jangka waktu yang lama, karena bahan nylonnya menawarkan kekuatan dan ketahanan yang tinggi.

D. Tali ID Card Eco-serat

Tali ID card eco-serat terbuat dari serat alami dan ramah lingkungan. Dan perlu anda ketahui tali ini sangat mampu terurai dengan baik di lingkungan dan tidak meninggalkan jejak polusi yang berbahaya.

II. Ukuran Tali ID Card

tali id card

Ukuran tali ID card juga bervariasi tergantung pada kebutuhan dan preferensi pengguna. Berikut adalah beberapa ukuran umum yang sering digunakan:

A. Panjang Tali

Ukuran panjang tali ID card biasanya berkisar antara 80 cm hingga 90 cm saat berbentuk lurus, bila sudah menjadi kalung ukuran standardnya berkisar antara 40cm – 45 cm. Ukuran ini dianggap ideal untuk sebagian besar orang agar kartu identifikasi mereka tetap terlihat dengan jelas tanpa menggangu gerakan mereka.

B. Lebar Tali

Ukuran lebar tali ID card berkisar antara 1 cm hingga 2 cm. Terdapat juga beberapa tali yang memiliki lebar lebih besar untuk memberikan daya tarik visual yang lebih.

III. Bahan Tali ID Card

tali id card

Selain jenis dan ukuran, bahan tali ID card juga penting untuk diperhatikan. Beberapa bahan yang umum digunakan adalah:

A. Kain

Tali ID card seringkali terbuat dari kain yang berkualitas, seperti satin, poliester, atau nylon. Bahan kain memberikan kenyamanan saat digunakan dan memiliki kekuatan yang mencukupi untuk menjaga ID card tetap aman.

B. Logam

Sebagian tali ID card menggunakan logam, seperti rangkaian mata kait atau klip pengait, untuk menggantungkan ID card. Tali semacam ini biasanya lebih kokoh dan tahan lama.

IV. Metode Pembuatan Tali ID Card

Tali ID card dapat dibuat dengan beberapa metode yang berbeda. Berikut adalah beberapa metode produksi yang umum digunakan:

A. Cetak Sablon

Metode ini melibatkan pencetakan desain atau logo pada tali ID card dengan menggunakan sablon cetak yang diberikan ke pabrik pembuat.

B. Heat Transfer

Metode heat transfer menggunakan panas untuk mentransfer gambar atau desain pada tali melalui teknologi pemanasan khusus.

C. Jahit

Metode jahit adalah metode paling tradisional dalam pembuatan tali ID card. Logo atau desain dijahit langsung pada tali dengan menggunakan mesin jahit.

V. Harga Pasaran Tali ID Card

Harga tali ID card dapat bervariasi tergantung pada jenis, ukuran, bahan, dan metode pembuatannya. Secara umum, harga tali ID card berkisar antara 3.000 hingga 20.000 rupiah per lembar.

Mengingat pentingnya tali ID card dalam mengamankan kartu identifikasi, sebaiknya Anda memilih tali yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Pastikan juga untuk mempertimbangkan kualitas dan keawetan tali tersebut agar ID card Anda tetap aman dan terlihat profesional.

Dalam artikel ini, kami telah melihat ragam jenis, ukuran, bahan, metode pembuatan, dan harga pasaran tali ID card. Selain itu, kami juga memberikan beberapa tips untuk memilih tali yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jadi, saat Anda melihat tali ID card berikutnya, Anda akan lebih menghargainya sebagai aksesori yang lebih dari sekadar tali pengikat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *